Citilink Belum Berlakukan Penghapusan Syarat PCR dan Antigen, Tunggu Kemenhub

Maskapal Citilink belum mengaplikasikan peraturan penghilangan syarat PCR dan antigen testing untuk penumpang lokal pada Selasa, 8 Maret 2022. Maskapal yang disebut anak usaha Garuda Indonesia itu tetap menanti terbitnya ketentuan perjalanan terkini…

Presiden Citilink Dewa Kadek Lai dalam pesan singkat menjelaskan, “Sekarang ini kami sedang menanti pernyataan sah yang dikeluarkan oleh pemerintahan, terutamanya Kementerian Perhubungan, sebagai regulator.”

Citilink patuhi ketentuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Sekarang ini, maskapal merujuk pada Surat Selebaran Gugusan Pekerjaan Covod-19 2021 Nomor 22 dan Surat Selebaran Perjalanan Udara yang dikeluarkan Direktur Perhubungan Udara sebagai ketentuan turunan.

Dalam pada itu, maskapal belum mengulas prediksi tingkat peningkatan banyaknya penumpang sesudah ketentuan penghilangan syarat pengecekan Covid-19 untuk penumpang berlaku. Adita Irawati, Juru Berbicara Kementerian Perhubungan, awalnya menjelaskan pemerintahan sudah mengulas penghilangan syarat document pengecekan Covid-19 untuk penumpang jarak jauh di pertemuan terbatas.

Kementerian Perhubungan akan mengoreksi ketentuan awalnya dan selekasnya mengumumkan ke khalayak. “Kami selalu merujuk pada Peredaran Gugusan Pekerjaan Pengatasan Covid19,” kata Adita.

Menteri Koordinator Penanaman Modal Maritim Luhut Binsar Pandjaitan sudah umumkan jika pelancong lokal tidak perlu memperlihatkan bukti RT-PCR atau pengetesan antigen. Ketentuan ini berlaku untuk semuanya model transportasi, baik lewat udara, laut atau darat.

“Dalam rencana peralihan ke kegiatan normal, pemerintahan akan mengaplikasikan beragam peraturan ini hari. Pertama, pelancong lokal yang sudah jalani vaksinasi penuh ke-2 tak lagi negatif untuk test antigen dan PCR. Anda tak perlu memperlihatkan bukti jika itu,” kata Luhut.

Ketetapan ini ditata dalam ketentuan kementerian dan instansi yang diedarkan dalam kurun waktu dekat. Peraturan itu tidak diacuhkan, dan trend kejadian setiap hari secara nasional sedang kering.

Luhut awalnya menyebutkan penghilangan syarat PCR dan antigen sesudah pelajari kasus Covid-19 yang menyusut berarti minggu kemarin. Hal sama berlaku untuk tempat tinggal rumah sakit atau BOR dan kematian.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *