Pemerintah Subsidi Minyak Goreng Curah Rp 14 Ribu per Liter, Pakai Dana Perkebunan Sawit

Pemerintahan memilih untuk mensubsidi pembelian minyak goreng dengan jumlah besar. Peraturan ini mulainya berlaku sesudah Presiden Joko Widodo melangsungkan rapat terbatas dengan beberapa menteri.

Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Ekonomi, menjelaskan pemberian bantuan itu menimbang distribusi atau status pendistribusian minyak goreng.

“Mulai sejak itu, ingat keadaan global di mana harga komoditas, terhitung sayur dan minyak sawit, bertambah, pemerintahan memilih untuk mensubsidi harga minyak sawit curahan,” ucapnya dalam pertemuan jurnalis virtual. Selasa (15/3). / 2022).

Raja Airlangga dibantu dan pemerintahan masih tetap memutuskan harga minyak goreng curahan dalam rupiah. 14.000 per liter.

“Bantuan akan didasari pada permodalan dari BPDPKS,” ucapnya.

Awalnya, Presiden Jokowi memeriksa stock minyak goreng langsung di beberapa toko di Minimarket dan pasar Bellinharjo dan Centur di Yogyakarta tempo hari Minggu (13/3).

Pada kunjungannya, Jokowi menemui rak-rak minyak goreng dan minimarket yang kosong, tetapi disamping itu, dia mendapati harga minyak goreng yang tinggi.

Dalam pada itu, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi sudah lakukan peninjauan tiba-tiba (sidak) di beberapa peritel kekinian di Lotte Mart, Lotte Wholesale dan Alfamidi di Kerapagadin, Jakarta Utara.

Mendag mengeklaim distribusi minyak goreng di retail kekinian makin lebih baik. Kemendag terus akan berusaha supaya minyak goreng dapat ada untuk warga umum di pasar rakyat dan toko retail kekinian.

“Minyak goreng di toko retail kekinian seperti Lotte Mart, Lotte Wholesale dan Alpha Midi aman untuk warga umum. Kami mengharap warga bisa mendapati hal sama di toko retail kekinian yang lain,” kata Menteri Perdagangan dalam penjelasannya, Selasa. (15 Maret 2022). ).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *