Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 27 Resmi Ditutup!

Dekati liburan Lebaran 2022, servis di beberapa lembaga kemungkinan diistirahatkan lebih dulu sepanjang sekian hari. Terhitung satu diantaranya service yang ada di Program Kartu Prakerja.

“Mendekati liburan panjang nasional, ada informasi penting untuk sobi-sobi hal status service PMO Kartu Prakerja ya!” demikianlah informasi diambil dari account Instagram @prakerja.go.id, Kamis (28/4/2022).

Lalu apa service Prakerja yang hendak diistirahatkan sepanjang Lebaran?

Satu diantaranya proses pendistribusian stimulan Prakerja, peluang tetap jalan sampai ini hari Kamis, 28 April 2022. Kemudian, akan terjeda karena liburan Lebaran. Nanti pencairan stimulan akan diteruskan kembali ke 9 Mei 2022 kedepan.

“Pencairan stimulan yang telah direncanakan tetap jalan seperti umumnya sampai paling akhir tanggal 28 April 2022 dan selebihnya akan diteruskan sesuai peraturan dan info yang dipublikasikan,” demikian penuturannya.

Sementara untuk service kontak center Prakerja masih bekerja normal dan masih tetap jalan seperti umumnya. Tetapi, dieksepsikan untuk tanggal 2 Mei 2022, service akan bekerja mulai 09.00 s.d. 20.00 WIB.

Selanjutnya untuk yang menerima Prakerja yang ingin beli training, prosesnya juga bisa dilaksanakan kapan saja. Tentu saja peserta dapat beli training Prakerja di basis digital yang telah bekerja bersama dengan program Kartu Prakerja ini, seperti Kemnaker, Karier.mu, Pijar Mengusai, Pintaria, Bukalapak, atau Tokopedia.

Sebagai catatan, untuk yang menerima yang mempunyai saldo training diharap dapat memakainya dengan sebagus mungkin. Janganlah sampai sia-siakan peluang training karena tidak beli training.

“Untuk sobi-sobi yang mempunyai saldo training, janganlah lupa untuk memakai saldo itu supaya kepesertaan tidak ditarik,” begitu infonya.

Sesudah dibuka semenjak Rabu, 20 April 2022, Program Kartu Prakerja gelombang 27 pada akhirnya sah ditutup. Peserta Kartu Prakerja yang telah mendaftarkan disuruh selekasnya menuntaskan prosesnya.

Ini dipublikasikan Management Kartu Prakerja lewat account instagram resminya @prakerja.go.id. “Teman-teman yang telah menuntaskan proses registrasi dan belum juga tergabung, berharap selekasnya click “Masuk gelombang” ya!Untuk yang terhalang, tidak boleh khawatir karena masih tetap ada peluang di gelombang selanjutnya.Sharing ke sobi-sobi yang lain ya!#SiapDariSekarang,” terang management, seperti diambil Senin (25/4/2022).

Untuk dipahami, program Kartu Prakerja ialah program peningkatan kapabilitas kerja dan kewiraswastaan yang diperuntukkan untuk pencari pekerjaan, karyawan/pekerja yang terserang penghentian hubungan kerja, dan/atau karyawan/pekerja yang memerlukan kenaikan kapabilitas, terhitung aktor usaha micro dan kecil.

Adapun besar kontribusi Kartu Prakerja pada tahun ini masih sama dengan era sebelumnya, yaitu Rp 3.550.000. Dengan perincian ongkos training Rp 1 juta, stimulan Rp 2,empat juta, dan stimulan survey Rp 150 ribu.

Ada banyak persyaratan dan ketetapan untuk mereka yang bisa mendaftarkan program Kartu Prakerja ialah:

  1. Masyarakat Negara Indonesia (WNI) berumur 18 tahun ke atas.
  2. Sedang tidak tempuh pengajaran resmi.
  3. Mencari kerja, karyawan, atau pekerja yang terserang PHK, karyawan atau pekerja yang memerlukan kenaikan ketrampilan dan kapabilitas kerja, karyawan atau pekerja yang diberhentikan, dan aktor UMKM.
  4. Bukan yang menerima bansos (bantuan sosial) yang lain sepanjang wabah Covid-19.
  5. Bukan petinggi negara, pimpinan atau anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kades/piranti dusun, dan direksi/komisaris/dewan pengawas BUMN/BUMD.
  6. Optimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) DAN 1 Kartu Keluarga (KK) sebagai yang menerima Kartu Prakerja.

Sementara, document yang perlu dipersiapkan untuk mendaftarkan kartu prakerja, diantaranya Kartu Pertanda Warga (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Dan harus mempunyai nomor telephone aktif.

Jadi tidak seluruhnya warga dapat turut mendaftarkan program Kartu Prakerja. Lalu, kelompok barisan mana yang tidak dibolehkan mendaftarkan?

  1. Petinggi Negara
  2. Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Wilayah
  3. Aparat Sipil Negara
  4. Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  5. Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  6. Kepala Dusun dan piranti dusun
  7. Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada tubuh usaha punya negara atau tubuh usaha punya wilayah.

Nanti, untuk warga yang telah mendaftarkan Kartu Prakerja Gelombang 27 ini, bersiap untuk memeriksa kelolosannya lewat 2 langkah yakni melalui account dasbor dan SMS atau pesan singkat atau e-mail.

Check di Account Dasbor

Mencuplik info dari web prakerja.go.id, peserta dapat memeriksa status kelulusan di account dasbor masing-masing.

“Di tanggal informasi penyeleksian Gelombang, login ke account kamu, lalu check dashboad kamu,” begitu penuturannya.

Selanjutnya, berikut beberapa langkah check kelulusan Kartu Prakerja melaluin dasbor account.

  1. Check status akseptasi lewat dasbor Prakerja pada lama prakerja.go.id
  2. Jika ada info “registrasi sedang dalam penilaian”, itu memiliki arti proses penyeleksian sedang berjalan
  3. Saat informasi, peserta yang bisa lolos akan memperoleh pemberitahuan untuk melihat tiga video mengenai pengenalan Kartu Prakerja
  4. Peserta yang bisa lolos melihat ke-3 video itu dan tidak dikenankan untuk tutup video bila belum usai atau percepat pergerakan video
  5. Sesudah melihat video usai, peserta baru dapat menyaksikan Nomor Kartu Prakerja

Dalam pada itu, jika gagal lolos Kartu Prakerja Gelombang 25, peserta akan memperoleh pemberitahuan di dasbor dengan info “Kamu Belum Sukses”.

Check Pesan Singkat atau SMS

Selainnya lewat dasbor account, peserta bisa juga check kelulusann lewat SMS atau pesan singkat dan e-mail.

“Bila bisa lolos penyeleksian Gelombang kamu akan terima pemberitahuan kelolosan lewat SMS dan e-mail,” begitu infonya.

Karenanya, yakinkan nomor dan e-mail masih aktif dan sesuai di saat registrasi supaya bisa memeriksa kelulusan Prakerja.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *