Potensi Ekonomi Kreatif Saat Mudik Lebaran 2022 Capai Rp72 Triliun

Sandiaga S. Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), mengatakan potensi pergerakan ekonomi kreatif di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif saat mudik lebaran 2022 bisa mencapai Rp 72 triliun secara nasional.

Alasannya, sekitar 40 persen pemudik nasional (diperkirakan 85,5 juta) akan mengunjungi destinasi wisata dan pusat ekonomi kreatif. Seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Pariwisata, Kamis (28/4), “Area yang ramai akan menciptakan pola perjalanan sehingga bisa memutar ke desa wisata di sepanjang jalur pulangnya jika terjadi kemacetan.”. ).

Sandiaga mengatakan, libur dan kepulangan Idul Fitri 2022 merupakan kekuatan dahsyat yang berpotensi mendorong pemulihan ekonomi masyarakat. Selain itu, selama dua tahun terakhir ini masyarakat terbatas dan kita belum bisa menikmati Idul Fitri bersama secara maksimal. “Mudik kali ini merupakan transfer peluang bisnis terbesar,” ujarnya.

Sandi berharap seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun masyarakat, dapat bertindak cepat untuk mengembalikan momentum Idul Fitri 2022. “Kita (pemerintah) bisa mendorong ke sentra-sentra ekonomi kreatif seperti sentra kuliner, sentra jajanan, dll. Juga kalau rest area penuh misalnya, ada jalan alternatif mereka bisa keluar dan pindah ke tempat itu. Ada ( pariwisata dan ekonomi kreatif),” ujarnya.

Sedangkan untuk masyarakat, Sandiaga ingin membeli berbagai produk ekonomi kreatif di daerahnya masing-masing. Hal ini diyakini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar 10 hingga 20 persen.

Meski demikian, Sandy mengimbau agar protokol kesehatan tetap dijalankan secara ketat dan disiplin. “Pulang kampung dan libur Lebaran 2022 benar-benar dapat membuka peluang usaha, pemulihan ekonomi dan kesempatan kerja,” ujarnya.

Desa Wisata merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang digadang-gadang akan menjadi kawasan wisata utama di berbagai wilayah Indonesia. Selain mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, desa wisata juga diharapkan dapat memperkenalkan budaya lokal ke seluruh pelosok Indonesia bahkan dunia.

“Kami telah memetakan ratusan desa wisata dalam perjalanan yang tidak terlalu jauh. Ini menawarkan sensasi unik lainnya. Tidak hanya murah untuk menginap di homestay, tetapi juga mengeksplorasi kehidupan sehari-hari masyarakat desa. Rasanya seperti daya tarik wisata,” kata Sandiaga yang menjalankan program tersebut.

Untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2022, Sandiaga juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan angkutan umum berizin resmi yang dapat mengantar pemudik dengan selamat dan sehat ke tempat tujuan.

“Kalau ada yang negatif tentang pariwisata, terutama tentang bus wisata yang menyebabkan kecelakaan. Itu tanggung jawab moral kita. 70% bus wisata menggunakan logo “Indonesia Hebat”. Karena memang begitu.”

Untuk itu, bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, pihaknya mengimbau masyarakat luas untuk mengakses SPIONAM (Sistem Informasi Perizinan Portal Transportasi dan Multimoda). Situs ini diluncurkan untuk mencegah maraknya transportasi ilegal (tanpa izin) di jalanan.

Momentum kembalinya Lebaran 2022 dipilih sebagai waktu yang tepat untuk memperkenalkan SPIONAM kepada masyarakat luas dan para pelaku industri khususnya di bidang pariwisata dan transportasi, ujarnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *