Retail Minuman Kawan Lama Group Ekspansi Gerai ke Sejumlah Kota

F&B Indonesia, peritel makanan dan minuman di bawah Kawanrama Group, akan terus mengembangkan bisnisnya tahun ini. Strategi ini diterapkan untuk meningkatkan penjualan dan memperluas cakupan bisnis di banyak kota di Indonesia.

Lany Cucu, General Manager Marketing Communications F&B Indonesia, mengatakan kecenderungan konsumsi jajanan di Indonesia berkembang pesat. Menurut survei State of Snacking 2020, 60% masyarakat Indonesia mengonsumsi jajanan lebih banyak selama pandemi dibandingkan tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, perusahaan berinisiatif meluncurkan produk makanan dan minuman modern yang sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. F&B Indonesia yang saat ini membawahi beberapa merek seperti Chatime Drink, Korean Bowl Cup Bop, Gindaco dan Chatime Atelier, juga akan menambah gerai baru pada akhir tahun.

“Kami berencana menambah 100 gerai Chatime pada tahun ini, total berjalan 500 unit dari 420 gerai yang ada saat ini. Penambahan sebagian besar masih di Pulau Jawa dan menyasar kota-kota kedua seperti Ramongan, Ciamis dan Garut,” kata Lanny dalam keterangannya. Konferensi pers pada Selasa (22/6).

Diperkirakan 25 dari 18 toko Cup Bop yang ada akan dibuka pada akhir tahun. Begitu pula dengan Chatime Atealier, akan ditambah beberapa gerai dari total 6 gerai yang sudah beroperasi.

Terakhir, di tahun 2019, perusahaan berinisiatif membidik Chatime Atelier di segmen premium, karena banyak konsumen milenial dan Gen Z yang lebih suka menikmati minuman yang tersedia di Instagram.

Inisiatif dan strategi kolaborasi produk

Untuk mendukung bisnis yang berkelanjutan, perusahaan berkolaborasi dengan berbagai inisiatif produk.

Misalnya, pada 17 Juni lalu, perusahaan merilis Eco Cup sebagai alternatif paket minuman ramah lingkungan saat ini di seluruh gerai di Indonesia. Inisiatif ini merupakan inisiatif lanjutan dari ChatimeCommuniTEA setelah menerapkan #GerakanSapuPlastik pada Februari tahun lalu.

Hingga saat ini, gerakan sapu plastik telah mengumpulkan 180 kilogram sampah plastik, dikumpulkan oleh UMKM dan diolah menjadi produk seperti pouch, tote bag, dan tas laptop.

Chatime juga mendorong kolaborasi antara merek-merek seperti Michael Buble dan Laneige. Faktanya, kolaborasi unik dengan karakter K-POP Idol BTS BT21 telah menyebabkan peningkatan pesat dalam permintaan untuk chatime.

“Pada campaign BT21 kemarin, efeknya luar biasa dan bisa meningkat empat kali lipat dibandingkan launching menu dari season lain,” kata Lany.

Kami akan terus mencari peluang untuk berkolaborasi dengan merek lain, mengembangkan bisnis kami, dan menarik konsumen.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *