Tokopedia & Shopee E-commerce Paling Dipercaya UMKM

PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel), lewat layanan survei digital tSurvey.id, merilis hasil survei mengenai pemanfaatan e-commerce oleh usaha micro kecil, dan menengah (UMKM).

Menurut penelitian bertema Survey Pendayagunaan Pasar Dagang Online (E-commerce) Paling Dipercayai dan Dihandalkan oleh UMKM Indonesia 2022, Tokopedia jadi lokapasar terpercaya UMKM dengan prosentase 76 %. Sesudahnya, dituruti Shopee (75 persen), Lazada (19 persen), Bukalapak (18 persen), dan Blibli 14 %.

Vice President Data Solutions Telkomsel, Alfian Manullang, menjelaskan Telkomsel lewat survey ini berusaha merealisasikan komitmennya sebagai digital ecosystem enabler, yaitu buka semakin banyak kesempatan perkembangan untuk aktor industri dan warga.

Menurut dia, penelitian pasar berbasiskan pemakai smartphone, sama seperti yang bisa saja dengan tSurvey.id, memakai sistem penyasaran informan yang tepat, dan tidak secara random atau berdasar claim sama dalam beberapa sistem survey yang lain.

“tSurvey.id hasilkan insights berkualitas yang bisa diperhitungkan oleh aktor pasar online dalam ambil keputusan usaha bersama UMKM lokal yang akan datang,” kata Alfian dalam info ke media, Rabu (3/8).

Jajak opini ini diadakan pada 10-24 Juni dengan mengikutsertakan 1.000 informan UMKM online yang memakai smartphone bernomor mobile Telkomsel. Berdasar lokasi geografis, pembagian informan dari Jabodetabek capai 60 %, pulau Jawa non-Jabodetabek 30 %, dan luar pulau Jawa 10 %.

E-commerce pilihan

Dalam soal e-commerce yang dipandang memberi pengalaman memberikan kepuasan untuk UMKM, 69 % informan pilih Tokopedia. Dan, Shopee harus senang di urutan ke-2 (62 persen), dituruti Lazada (11 persen), Bukalapak (9 persen), dan Blibli (4 %).

Dan, faktor lokapasar dengan servis paling memberikan kepuasan untuk aktor usaha dimenangi oleh Tokopedia (68 persen), Shopee (61 persen), Lazada (11 persen), Bukalapak (11 persen), dan Blibli (6 %). Lantas, marketplace yang tersering UMKM pakai untuk jualan secara online ialah Tokopedia (47 persen), Shopee (45 persen), Lazada (5 persen), dan Bukalapak (2 %).

Survey Telkomsel menggarisbawahi beberapa feature e-commerce yang dipandang bisa menjadi nilai plus daripada lokapasar lain, yaitu keringanan pemakaian (70 persen), feature pemasaran yang komplet (68 persen), service pusat resolusi yang bagus (66 persen), sarana logistik (70 persen), penampilan pemakai interface (UI) (70 persen), dan mekanisme pembayaran (73 %).

“Beberapa temuan ini jadi cerminan keutamaan pengalaman dan servis yang memberikan kepuasan untuk beberapa informan,” tutur Alfian.

Dalam peluang itu, Alfian menjelaskan Telkomsel akan selalu percepat peningkatan pengembangan dan tehnologi paling depan, khususnya untuk menggerakkan keputusan usaha berbasiskan data untuk membuat kesempatan perkembangan.

tSurvey.id sebagai basis survey digital dari Telkomsel yang tawarkan jalan keluar Data Solutions untuk semua keperluan penelitian konsumen setia, baik pada cakupan akademis, komersil lintasi industri, sosial, atau kepentingan penelitian yang lain secara luas. Kompetensi basis ini diperkaya dengan data insight telekomunikasi dari lebih dari 170 juta konsumen setia

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *